Persiapan Akreditasi Prodi Pariwisata Syariah FEBI

 

FEBI, 8/2/2020, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Parepare sebagai Unit Pengelola Program Studi (UPS) Pariwista Syariah menyelenggarakan rapat persiapan akreditasi di ruang dekan, Senin 8 Februari 2021. Rapat dipimpin oleh Dekan FEBI Dr. Muhammad Kamal Zubair, M.Ag dan dihadiri Kaprodi Pariwisata Syariah Dr. Arqam, M.Pd dan tiga orang dosen, yakni Musmuliadin, M.HI, Mustika Syarifuddin, M.Sn, dan Adhitia Pahlawan Putra, M.Par. Agenda rapat membahas mekanisme proses akreditasi dan pembagian tugas kelengkapan data dalam Laporan Kinerja Program Studi (LKPS).  

Pada pengantar, Dekan FEBI meminta Kaprodi Pariwisata Syariah untuk berbagi informasi mengenai proses akreditasi Prodi Matematika pada Jumat pekan lalu. Secara lugas, Dr. Arqam, M.Pd mengatakan bahwa pertanyaan dari assessor tidak akan keluar dari LKPS. Untuk itu, Kaprodi memang harus menguasai LKPS karena setiap detail informasi yang ada di dalamnya kemungkinan ditanyakan.

“Setiap detail akan ada kemungkinan ditanyakan, misalnya kesesuaian antara anggaran dan kegiatan” Ungkap Kaprodi Pariwisata Syariah.

Menanggapi hal tersebut, Dekan FEBI menghimbau penting sekali untuk mengidentifikasi LKPS. Utamanya, kelengkapan bukti-bukti kegiatan dalam borang atau LKPS. Mengingat jadwal akreditasi semakin dekat.

“Pertama, kalau pekan ini keluar jadwal paling cepat hari Jumat. Yang kedua, keluar jadwal pekan depan, maka ada waktu sekitar 10 hari untuk mematangkan persiapan kita” Ujar Dekan.   

Dekan pun meminta kepada Kaprodi dan dosen yang bersangkutan untuk mengunggah data yang dibutuhkan pada penyedia layanan data online (google drive). Dia juga menambahkan bahwa para dosen diikutsertakan dalam rapat kali ini agar bisa belajar dan proses pembinaan itu berjalan, sehingga suatu saat nanti apabila ada proses re-akreditasi mereka sudah mengetahui alur dan substansinya. (c/app).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *