LPM Sampaikan Materi Matriks Penilaian Akreditasi di FEBI

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) kedatangan pemateri internal dari Lembaga Penjamin Mutu (LPM) IAIN Parepare, Rabu 17 Januari 2021. Pemateri tersebut adalah Dr. Muzdalifah Muhammadun, M.Ag Kepala Pusat Penjaminan Mutu LPM yang hadir sebagai narasumber untuk membawakan materi matriks penilaian Laporan Evaluasi Diri (LED) dan Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) bagi Program Studi. Ulasannya yang lugas membuat para peserta serius menyimak. Kegiatan tersebut dihadiri Dekan FEBI Dr. Muhammad Kamal Zubair, M.Ag, Wadek II Drs. Yasin Soumena, M.Pd, Kaprodi Pariwisata Syariah Dr. Arqam, M.Pd, dan 3 orang dosen tim pembantu prodi.

Secara umum, ada sekitar 60 pertanyaan dalam matriks dan setiap pertanyaan memiliki bobot nilai 4,3,2,1. Pertanyaan itu merujuk pada 9 kriteria. Sebagai contoh, kondisi eksternal dan profil program studi. Kaprodi harus memahami dan menguasai profil program studi. Kemudian Visi-Misi dan Tata Pamong, Assessor biasanya akan cenderung bertanya kepad Dekan, Wadek I dan Wadek II sebagai pimpinan Unit Pengelola Program Studi (UPPS).

“Misalnya, terkait tata kelola penjaminan mutu maka yang akan menjawab pertanyaan adalah ketua gugus mutu fakultas dan diback up oleh Dekan dan Wadek II. Setiap pertanyaan harus dijawab dengan argumentasi yang baik dan rasional”, Ujar Kepala Pusat Penjaminan Mutu.

Kepala Pusat Penjaminan Mutu juga menambahkan bahwa jawaban yang disampaikan juga harus konkrit, misalnya kesesuaian antara visi dan misi institut, fakultas, dan prodi serta akan dilihat juga rencana operasional (renop) fakultas dan prodi.  Hingga informasi ini diberitakan, kegiatan masih berlangung dan tengah membahas poin Sumber Daya Manusia, yakni kecukupan jumlah DTPS, kualifikasi akademik, dan jabatan akademik. (c/app/arm/srt)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *