FEBI Laksanakan Dialog Lembaga Kemahasiswaan

FEBI, 19/3/2021.

Minat kuliah yang tinggi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) menunjukkan kepercayaan masyarakat. Minat dan kepercayaan tersebut merupakan kekuatan (strength) untuk pengembangan fakultas. Dalam rangka mengembangkan layanan kemahasiswaan, FEBI menyelenggarakan dialog lembaga kemahasiswaan pada Hari Jum`at Pukul 09.00 – 12.00 WIB di ruang seminar lantai 1. 

Dialog unit pengelola dengan lembaga kemahasiswaan tersebut adalah langkah awal untuk mengidentifikasi kelemahan (weakness) dan hambatan (threat) yang muncul ke permukaan dari pengguna jasa. Lembaga kemahasiswaan menjadi mediator terhadap berbagai masukan dari mahasiswa terkait minat dan bakat. Beberapa lembaga kemahasiswaan yang menjadi key stakeholder diundang dalam dialog, yakni Ketua SEMA, Ketua DEMA, dan Ketua HMPS di lingkup FEBI.

Sementara dari pihak pengelola, turut hadir pimpinan fakultas Dekan Dr. Muhammad Kamal Zubair, M.Ag., Wadek I Bahtiar, S.Ag.,M.A, dan Wadek II Drs. Muh, Yasin Soumena, M.Pd,. Pimpinan pengelola administrasi Kabag Tata Usaha (TU) Naharuddin, S.Ag. M.Pd dan Kasubag AKKA Sunandar, S.Pd.i , M.A. Selain itu, hadir juga para kaprodi lingkup FEBI di antaranya Dr. Syariyah Semaun, S.E.,M.M (Prodi Akuntansi Syariah),  Dra. Rukiah, M.H, (Prodi Manajemen Zakat dan Wakaf), Dr. Damirah, S.E.M.M (Prodi Manajemen Keuangan Syariah), Rusnaena, M.Ag, (Prodi Ekonomi Syariah) dan Abdul Hamid, S.E.,M.M (Prodi Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah).

Dalam pengantarnya, Wadek I mengatakan upaya dialogis pengembangan fakultas dengan lembaga kemahasiswaan adalah langkahm untuk mencari peluang (opportunity) dalam kebijakan pengembangan fakultas. Peluang itu tentunya didasari atas masukan (input) program kerja serta kelemahan dan hambatan yang dihadapi. Kata Wadek I, input yang masuk diharapkan berkontribusi terhadap rekognisi sehingga memiliki dampak nyata.

“Melalui dialog ini, kami menghimbau setiap program kerja yang dicanangkan sedapat mungkin berontribusi bagi pemenuhan akreditasi”. Ujar Wadek I.

Seusai memberikan pengantar, para ketua lembaga kemahasiswaan diberikan ruang untuk mengeluarkan pendapatnya. Beragam masukan terkait hambatan yang dihadapi mengkristal pada dua aspek, yaitu anggaran dan sarana-prasarana. Mereka meminta dukungan anggaran kegiatan, baik untuk kegiatan akademik maupun non akademik. Kemudian untuk sarana dan prasarana berupa pengadaan komputer, printer, dan kertas serta kantor yang menjadi sekretariat lembaga kemahasiswan itu.

Menanggapi hal tersebut, Wadek II mengatakan terkait permintaan pengadaan komputer dan printer yang diminta itu akan direspon secepatnya. Pihak pengelola akan berkoordinasi dengan Unit Layanan Pengadaan (ULP) di Rektorat. Adapun permintaan kantor sekretariat akan kami kaji lebih jauh, karena pengalaman lalu sekretariat malah digunakan tidak sesuai fungsinya.

“Kantor sekretariat malah jadi tempat kumpul hingga larut tengah malam, tidur, dan kurang bersih serta indah dipandang mata” Ungkap Wadek II

Wadek II juga menghimbau agar kegiatan yang dilaksankan Himpunan Prodi lingkup FEBI dijadikan satu, tidak parsial. Misalnya, kegiatan kewirausahaan dan festival ada baiknya dijadikan satu kegiatan, Himpunan Prodi saling berkolaborasi untuk membuat kegiatan tersebut. Lebih mudah terlaksana, efektif, dan efisien.  

 Sementara itu, Dekan mengatakan terkait anggaran sesungguhnya belum sepenuhnya menjadi kewenangan fakultas. Namun, apabila ada kegiatan akademik yang dilakukan mahasiswa seperti ikut omba essay dan debat, segera koordinasikan dengan Kaprodi. Pihak pengelola pasti men-support kegiatan itu.

“Paling bagus di level nasional dan bisa juara akan diberi apresiasi. Jadi targetnya juara karena kalau cuma finalis tidak berdampak bagi rekognisi akreditasi” Ungkap Dekan.

Sebagai penutup, Dekan pun menghimbau bahwa isitilah simbiosis mutualisme perlu menjadi perhatian bersama bagi unit pengelola dengan lembaga kemahasiswaan. Perlu kerja sama yang baik karena kerja sama yang baik akan menghasilkan ouput yang baik pula, tutup dekan.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *