Mahasiswa Prodi MKS Studi Lapangan Ke PT. MMN

Empat puluh lima (45) orang mahasiswa Prodi Manajemen Keuangan Syariah (MKS) angkatan 2018 melakukan studi lapangan ke Kota Makassar.  Studi lapangan akan dilaksanakan di PT. Makassar Metro Network (MMN), group Margautama Nusantara. Sebelum berangkat ke sana, para mahasiswa dilepas secara resmi oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Dr. Muhammad Kamal Zubair, M.Ag di halaman Balai Seni dan Budaya, Jum`at Pagi, 9 April 2021.

Secara resmi Dekan FEBI melepas 45 orang mahasiswa dan 1 dosen pendamping. Dekan mengatakan agar para mahasiswa serius dalam mengikuti studi lapangan ke PT. MMN dan patuh terhadap protokol kesehatan. Studi lapangan ini merupakan bagian dari Mata Kuliah Praktikum Manajemen Bisnis Syariah Semester Genap 2020/2021 yang diampu oleh Dosen Muhammad Satar, M.M. Selain sebagai dosen pengampu, kata Dekan, dia juga menjadi pendamping mahasiswa ke sana.

Studi ke Makassar akan dilaksanakan 2 hari 1 malam. Pada hari pertama, rombongan tour direncanakan tiba siang hari, Sholat Jum’at lalu makan siang. Setelah itu perjalanan dilanjutkan ke Gedung Menara Bosowa untuk diterima oleh pihak manajemen PT. Makassar Metro Network. Mahasiswa akan belajar di sana dihadapan para praktisi perusahaan yang bergerak di bidang bisnis infrastruktur itu. Kemudian dilanjutkan berkunjung langsung ke Jalan Tol Layang baru Andi Pangeran Pettarani yang merupakan karya PT. MMN. 

“Harapannya mahasiswa dapat mengetahui proses pengelolaan bisnis infrastrukur tol. Bagaimana perusahaan bermitra dengan perusahaan nasional dan Pemerintah. Ada pengetahuan teknis yang bisa diperoleh mahasiswa di sana. Selain belajar, mahasiwa juga akan diajak refreshing berkunjung CPI” Ungkap Muhammad Satar.

Setelah berlajar dilaksanakan dan hari sudah malam, rombongan tour rencananya akan menginap di Point In hotel, sekitar Benteng Fort Rotterdam. Hari kedua, mahasiswa akan diajak ke kawasan wisata kuliner Center Point of Indonesia atau CPI. Termasuk mengujungi Masjid 99 Kubah, atribut destinasi baru pasar wisatawan muslim di Makassar. Mahasiswa akan dapat pengetahuan tambahan, refreshing dan melihat langsung bisnis pariwisata di sana. Jika perjalanan sesuai rencana, Sabtu malam diperkirakan kelompok darmawisata ini akan tiba kembali di Kota Pareapare.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *