Pembekalan PPL FEBI: Dekan Berpesan Jaga Baik Nama Lembaga

Jumat (21/5), acara pembekalan Praktik Pengalaman Kerja (PPL) dilaksanakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) di ruang seminar lantai 1. Pembekalan PPL dihadiri pimpinan fakultas dan prodi, di antaranya Dekan FEBI, Dr. Muhammad Kamal Zubair, M.Ag., Wadek I, Bahtiar, S.Ag.M.A., Kabag TU Naharuddin, S.Ag. M.A., Kaprodi Manajemen Zakat dan Wakaf, Dra. Rukiah, M.H., Kaprodi Akuntansi Syariah, Dr. Syahriyah Semaun, M.M., dan Kaprodi Ekonomi Syariah, Rusnaena, M.Ag.

Acara pembekalan berlangsung khidmat, ditandai pembacaan lantunan ayat suci Al-Qur’an dan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Setelah itu, Ketua Pelaksana Rusanena M.Ag. menyampaikan rekapitulasi PPL mahasiswa di lingkup FEBI. Hasil rekapitulasi disampaikan bahwa PPL kali ini diikuti oleh 25 orang peserta, dari 7 prodi. Para peserta tersebut akan PPL di 6 instansi yang berlokasi di Kota Parepare di antaranya Bank Syariah Indonesia (5 orang), Badan Pusat Statistik 5 Orang), Kantor Pos (8 Orang), Kantor Pelayanan Pajak (KKP) Pratama (4 Orang), Badan Amil Zakat Nasional (2 Orang), dan Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (1 Orang).

Habis laporan  terbitlah sambutan. Dalam sambutannya, Dekan FEBI, Dr. Muhammad Kamal Zubair, M.Ag. memberikan sambutan hangat sekaligus nasihat kepada seluruh peserta PPL. Kalimat pembuka sambutan memberi penekanan bahwa Dekan atas nama Rektor IAIN Parepare menyampaikan terima kasih kepada ketua pelaksana dan panitia PPL. Kemudian Dekan juga menyampaikan untuk menjaga nama baik lembaga dan hal penting yang perlu diperhatikan oleh peserta dalam mengikuti PPL.

“Kepada anak-anaku, sekarang berkembang varian baru virus Corona sehingga prokotol Kesehatan wajib dipatuhi di tempat PPL. Kalau dulu 3M sekarang 5 M” Ujar Dekan.

Dekan juga memberikan nasihat mengenai hal-hal detail kepada peserta seperti berpakaian rapi dan sopan dalam bertutur dan berperilaku, rambut tertata (tidak gondrong bagi lelaki), sepatu yang bersih, hadir tepat waktu. Hal detail tersebut akan menunjukkan etika dan estetika peserta yang juga merupakan cerminan diri di kampus. Dekan memberi penekanan bahwa pemenuhan etika dan estetika itu yang akan menjaga nama baik dan citra Lembaga kita.

“Kalau Anda melanggar etika, bukan cuman Anda yang buruk, tapi nama lembaga kita juga” Terang Dekan.

Dekan juga menambahkan bahwa ada beberapa materi yang akan didapatkan peserta di pembekalan.  Pertama, persiapan mental dan etika. Kedua, mekanisme pelaksanaan dan pelaporan. Selain itu, Dekan FEBI menyampaikan tentang penilaian PPL 4 SKS  dimulai sejak pembekalan. Pada akhir sambutannya, Dekan dengan nada yang mantap mengucapkan bahwa secara RESMI dibuka yang diikuti dengan pembacaan Ummul Kitab oleh semua peserta dipimpin oleh Dekan. Hingga berita ini diturunkan acara pembekalan masih berlangsung dengan pemateri Wadek I FEBI. 

0 thoughts on “Pembekalan PPL FEBI: Dekan Berpesan Jaga Baik Nama Lembaga”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *