Mahasiswa Prodi MKS Visitasi Industri ke Makassar

FEBI 7/6/2021. Sebanyak 14 orang mahasiswa Prodi Manajemen Keuangan Syariah (MKS) angkatan 2018 melakukan kunjungan ke Makassar selama 2 hari pada 3-5 Juni 2021. Kunjungan ke Makassar dalam rangkaian visitasi industri ke Kantor Prudential Life di Gedung Graha Pena dan Kantor Pabrik Amanda Brownies. Kunjungan secara resmi dilepas oleh Dekan FEBI Dr. Muhammad Kamal Zubair, M.Ag dan Kaprodi Manajemen Keuangan Syariah Dr. Damirah, M.M. Peserta yang ikut diberi arahan oleh pimpinan untuk patuh terhadap Protokol Kesehatan selama kegiatan.

Kunjungan ke Makassar kali ini didampingi oleh Dosen Suryadi Kadir, A.Md. Par, M.M, sebelumnya rekan sejawat Pak Suryadi, yakni Muh. Satar M.M juga melakukan kunjungan visitasi industri beberapa waktu lalu bagi mahasiswa Prodi MKS.  Selain sebagai dosen, mereka juga memang sebagai praktisi.  

Kegiatan di Prudential kata Pak Suryadi Kadir berupa bincang bisnis Asuransi Syariah dengan Leader Development Pruspirit Makassar, yakni Setyo Hendarto dan Haeruddin Niva. Mahasiswa berbincang di sana tentang prospek bisnis Asuransi Syariah, terutama prospek keberlanjutan atau suistainabilitas bisnis tersebut dalam industri jasa keuangan.

Di kantor Pabrik Amanda Brownies, kegiatan dilaksanakan di ruang meeting diawali dengan perkenalan dan pemaparan profil perusahaan yang berkantor pusat di Bandung itu. Pabrik Brownies Amanda dipaparkan merupakan perusahaan bidang industri kuliner yang fokus pada aneka kue Brownies Kukus dengan brand Amanda, racikan asli Orang Bandung yang telah menjadi kuliner khas Nusantara.

Pabrik Amanda sendiri awalnya home industry atau industri rumahan/keluarga yang kemudian berkembang bahkan sudah melakukan ekspansi pasar sejak tahun 2009 ke berbagai kota urban di Indonesia. Pengalaman manajemen perusahaan pun dibagikan ke peserta, mulai dari proses pembuatan, kemasan, varian produk, hingga pemasaran dan saluran promosi. Peserta pun sangat antusias dan melakukan tanya jawab dengan Muhajir Rahman, Manager Area Sulawesi Amanda Brownies.

Kata dosen pendamping, kegiatan ini dapat terlaksana berkat dukungan Unit Pengelola Program Studi (UPPS) FEBI dan keterbukaan pihak industri yang dikunjungi. Dukungan dan keterbukaan itu berbuah pengalaman bagi peserta. Para peserta mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat, ada banyak pengalaman manajemen industri yang diperoleh.

Pada akhir kegiatan diserahkan Piagam dan juga Sertifikat, baik dari pihak industri maupun perwakilan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Parepare. Seolah-olah menunjukkan bahwa lembaga pendidikan dan industri keuangan/ekonomi kreatif adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan dalam kerja sama pendidikan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *