FEBI IAIN Parepare -- Rabu, 12 Juni 202, Ketua Program Studi Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Parepare, menghadiri Mini Konferensi Internasional yang diselenggarakan di Center for Islamic Development Management Studies – Universiti Sains Malaysia (ISDEV USM). Peserta yang hadir dalam Mini Conference ini terdiri dari delegasi dari Civitas Akademika Indonesia dan Malaysia, yang meliputi dosen, mahasiswa, dan staf.
Mini Konferensi Internasional ini merupakan bagian dari agenda Komunitas Akademik Internasional yang diketuai oleh Prof. Dr. Tulus Suryanto, MM, Akt, CA, dalam rangka memenuhi Tridharma Perguruan Tinggi (pengajaran dan pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat) yang diikuti oleh banyak perguruan tinggi, termasuk IAIN Parepare.
Pada kesempatan ini Ketua Program Studi Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah, Ahmad Dzul Ilmi Syarifuddin, berbagi ilmu tentang Islamic Marketing. Beliau, mengatakan bahwa dalam Islamic Marketing, kejujuran, keadilan, dan kehalalan menjadi elemen penting yang membedakan pendekatan ini dengan pemasaran konvensional. Produk dan layanan yang dipasarkan harus memenuhi standar halal, baik dari bahan, proses produksi, hingga cara penyampaian informasi kepada konsumen. Selain itu, Islamic Marketing juga mendorong tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility), seperti menjaga keseimbangan lingkungan, memberikan dampak positif pada komunitas, dan mencegah eksploitasi.
Ahmad Dzul Ilmi mengangkat tentang Islamic Marketing dalam Mini Konferensi karena beliau merasa bawa seluruh dunia harus mengetahui bahkan menerapkan pendekatan ini karena sangat relevan di era globalisasi, di mana permintaan terhadap produk halal dan etis terus meningkat. Islamic Marketing tidak hanya menarik konsumen Muslim, tetapi juga mulai diminati oleh pasar internasional karena menawarkan transparansi, kualitas, dan integritas. Sebagai panduan bisnis yang humanis, Islamic Marketing menghadirkan solusi pemasaran yang tidak hanya menguntungkan secara finansial, tetapi juga memperkuat hubungan antar manusia dan memberikan dampak positif bagi kehidupan. (ulf)